BAB 9 DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

BAB 9
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

Pendahuluan
            Walau komputer sekarang sangat berbeda dengan model awalnya, semua komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur ini disebut skema komputer (computer schematic).
Penyimpanan komputer (computer storage) ada dalam dua bentuk dasar, primer dan sekunder.Penyimpanan primer menggunakan teknologi integrated circuit untuk menyediakan random access memory (RAM), read-only memory (ROM) dan cache memory.
Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar disebut mainframe, dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintah dan perusahaan-perusahaan fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer. supercomputer begitu penuh daya sehingga hanya ada di organisasi-organisasi besar, dan terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah.
Pada tahun 1970-an trend ini dimulai dengan komputer mini (minicomputer) atau mini. komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar. Contohnya minicomputer yang baik adalah IBM AS/400.
Mini diterima begitu baik sehingga pembuat komputer memproduksi rancangan yang lebih kecil, yang disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro. Sebagian besar sirkuit komputer mikro berbentuk silicon integrated circuit chip. chip ini disebut microprocessor.
Small business computer adalah komputer mini atau mikro multiuser yang biasa terdapat di perusahaan kecil, yang memberikan dukungan perhitungan bagi seluruh perusahaan. Komputer personal (PC) adalah mikro yang digunakan oleh satu orang, atau mungkin sedikit orang yang bekerja pada area yang sama.
Kemudian ada pula komputer laptop, notebook, dan palmtop. ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga baterai.
Komputer yang lebih kecil lagi adalah pen computer, yang dinamai demikian karena kemampuannya menerima input yang ditulis pada layarnya dengan pena khusus

Arsitektur Komputer
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
·         Prosesor (CPU), alat yang bekerja untuk mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output.
·         Penyimpanan sekunder, menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat sedang tidak digunakan.
·         Memori
·         Perangkat Input
·         Perangkat Output

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :
Penyimpanan Sekunder
·         Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·         Hard Disk : Removable dan Non removable
·         Floppy Disk
·         Piringan Optik : CD, DVD
·         USB Flash Disk
·         Smart Card
·         Kartu memori

Berbagai bentuk penyimpanan primer
Random Access Memory (RAM) berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data. Bersifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan.
Read-only memory (ROM) suatu jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. Pembuat komputer menggunakan ROM untuk menyimpan material seperti intruksi-intruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan. ROM bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) dalam arti isinya tidak terhapus saat daya listrik sitem dimatikan.
Cache memory perpindahan intruksi program dan data antara penyimpanan primer dan processor (unit pengendali atau ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Operasi tersebut hanya membutuhkan 50 nanosecond. Satu nanosecond adalah satu per milyar dari satu detik.

Peralatan Input
Keybord 
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat seperti layaknya mesin tik manual yang lebih lengkap.

Alat Penunjuk
Ø  Mouse, sebuah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Ø  Trackball, perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
Ø  Touch screen, digunakan untuk memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lainnya.
Ø  Light pen, digunakan untuk menunjuk pada layar.
Ø  Unit remote control, dapat berkomunikasi dengan komputer seperti anda mengatur tv dengan menggunakan unit remote control genggam.
Alat Input Otomatis Data Sumber
§  Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader) .
§  Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
Alat input pengenal suara
·         Mikropon
·         Automatic Speech Recognation (ASR)
·         Touchtone

Alat input video
Video camera recorder atau Camrecorder

Alat input penerima gerak
·         Headset
·         Glove
·         Walker
Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
Computer Output Microfilm (COM)
Software (Perangkat Lunak)
Software dibagi menjadi dua, yaitu :
§  Perangkat Lunak Sistem
§  Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
v  Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang  memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
v  Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
v  Penerjemah Bahasa Komputer
ü  Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
ü  Bahasa Generasi Kedua, Assembler
ü  Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
ü  Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji

Perangkat Lunak Aplikasi
1.      Pemrograman Sendiri Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2.      . Paket Jadi Ada empat kelompok besar :
§  Paket Aplikasi Bisnis Umum
§  Paket Aplikasi Khusus Industri
§  Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§  Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan

Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 7 PENDEKATAN SISTEM

BAB 3 PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

Case study : Chapter 10 Amazon VS Walmart "Which Giant Will Dominate E-commerce ?"