BAB 9 DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
BAB
9
DASAR-DASAR
PEMROSESAN KOMPUTER
Pendahuluan
Walau
komputer sekarang sangat berbeda dengan model awalnya, semua komputer
mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur
ini disebut skema komputer (computer
schematic).
Penyimpanan komputer (computer storage) ada dalam dua bentuk
dasar, primer dan sekunder.Penyimpanan primer menggunakan teknologi integrated
circuit untuk menyediakan random access
memory (RAM), read-only memory
(ROM) dan cache memory.
Komputer ada dalam
berbagai ukuran. Komputer besar disebut mainframe, dan telah ada sejak awal.
Mainframe adalah tulang punggung pengolahan
data di organisasi besar seperti pemerintah dan perusahaan-perusahaan fortune
500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer. supercomputer begitu penuh daya sehingga hanya ada
di organisasi-organisasi besar, dan terutama digunakan untuk perhitungan
ilmiah.
Pada tahun 1970-an
trend ini dimulai dengan komputer mini
(minicomputer) atau mini. komputer
ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit
yang lebih besar. Contohnya minicomputer
yang baik adalah IBM AS/400.
Mini diterima begitu
baik sehingga pembuat komputer memproduksi rancangan yang lebih kecil, yang
disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro. Sebagian
besar sirkuit komputer mikro berbentuk silicon
integrated circuit chip. chip ini disebut microprocessor.
Small business computer
adalah komputer mini atau mikro multiuser
yang biasa terdapat di perusahaan kecil, yang memberikan dukungan perhitungan
bagi seluruh perusahaan. Komputer
personal (PC) adalah mikro yang digunakan oleh satu orang, atau mungkin
sedikit orang yang bekerja pada area yang sama.
Kemudian ada pula
komputer laptop, notebook, dan palmtop.
ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga baterai.
Komputer yang lebih
kecil lagi adalah pen computer, yang dinamai demikian karena kemampuannya
menerima input yang ditulis pada
layarnya dengan pena khusus
Arsitektur
Komputer
Komputer dengan tujuan
umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
·
Prosesor (CPU), alat yang bekerja
untuk mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi
output.
·
Penyimpanan sekunder, menyediakan
tempat untuk menyimpan program dan data saat sedang tidak digunakan.
·
Memori
·
Perangkat Input
·
Perangkat Output
Mesin pemroses lebih
dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang
berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi
yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
Pemrosesan
Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan
Primer
Biasanya disebut main
memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :
Penyimpanan Sekunder
·
Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape
Cartridge
·
Hard Disk : Removable dan Non removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
Berbagai bentuk
penyimpanan primer
Random Access Memory (RAM)
berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan
perangkat lunak dan data. Bersifat mudah
hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan.
Read-only memory (ROM)
suatu jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi.
Pembuat komputer menggunakan ROM untuk menyimpan material seperti
intruksi-intruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat
dinyalakan. ROM bersifat tidak mudah
hilang (nonvolatile) dalam arti isinya tidak terhapus saat daya listrik
sitem dimatikan.
Cache
memory perpindahan intruksi program dan data antara
penyimpanan primer dan processor (unit
pengendali atau ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Operasi
tersebut hanya membutuhkan 50 nanosecond.
Satu nanosecond adalah satu per
milyar dari satu detik.
Peralatan
Input
Keybord
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat seperti layaknya mesin tik manual yang lebih lengkap.
Alat Penunjuk
Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat seperti layaknya mesin tik manual yang lebih lengkap.
Alat Penunjuk
Ø Mouse, sebuah
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan
keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,
tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar
inframerah, maupun bluetooth.
Ø Trackball, perangkat
yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan
digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
Ø Touch
screen, digunakan untuk memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh
satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan
lainnya.
Ø Light
pen, digunakan untuk menunjuk pada layar.
Ø Unit
remote control, dapat berkomunikasi dengan komputer seperti anda mengatur tv
dengan menggunakan unit remote control genggam.
Alat
Input Otomatis Data Sumber
§ Alat
Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar
terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel
photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR
(Optical Mark Reader) .
§ Alat
Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi
zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character
Recognition).
Alat
input pengenal suara
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
Alat
input video
Video camera recorder atau Camrecorder
Alat input penerima gerak
·
Headset
·
Glove
·
Walker
Peralatan
Output
Dibagi menjadi dua,
yaitu :
1. Softcopy,
terdiri dari dua jenis :
Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
Audio
2. Hardcopy,
terdiri dari :
Printer
: Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
Plotter
: Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
Computer
Output Microfilm (COM)
Software
(Perangkat Lunak)
Software dibagi menjadi
dua, yaitu :
§ Perangkat
Lunak Sistem
§ Perangkat
lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
Ada tiga jenis dasar
perangkat lunak sistem :
v Sistem
Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras.
Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
Ada 6 fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras
dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya
untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
v Program
Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan
operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi
pemakai tertentu.
v Penerjemah
Bahasa Komputer
ü Bahasa
Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
ü Bahasa
Generasi Kedua, Assembler
ü Bahasa
Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
ü Bahasa
Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai
menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
Di Bawah ini yang
termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database
Query Language
2. Modelling
Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
Contoh
: GPSS
3. Very
High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph
Generators : paket grafik
5. Report
Writer : COBOL, RPG
6. Aplication
Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat
Lunak Aplikasi
1.
Pemrograman Sendiri Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2.
. Paket Jadi Ada empat
kelompok besar :
§ Paket
Aplikasi Bisnis Umum
§ Paket
Aplikasi Khusus Industri
§ Paket
Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§ Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
Peranan
Peralatan Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
ok
BalasHapus